Harga KTM RC250 - Setelah sebelumnya dirilis pertama kali di negara sakura jepang, kini jagoan terbaru dari KTM akhirnya sudah merambah ke negara indonesia. Lewat PT KTM Motor Indonesia (KTMI), motor yang diberi nama RC250 pun kini sudah resmi mengaspal di tanah air.
Tepat pada tanggal 21 Agustus 2015 kemarin, motor ini diluncurkan bersamaaan dengan motor lainnya yakni Duke 250 saat acara pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2015.
RC250 bakal menjadi penantang baru diranah kelas 250cc melawan motor besutan pabrikan lainnya yang sudah terlebih dahulu mengaspal di indonesia yakni Ninja 250 RR Mono besutan kawasaki, serta CBR250R dari honda yang notabennya sama-sama 1 silinder.
Bagi kawan-kawan yang sudah pernah melihat penampakan dari KTM RC200 dan RC390 yang sudah terlebih dahulu masuk indonesia. Ya seperti itulah tampang dari motor berfairing baru KTM ini. RC250 memang mempunyai tampilan yang persis sama dengan kedua saudaranya tersebut.
Namun rasanya memang tak perlu kaget lagi, soalnya jika kita menelisik produk-produk dari pabrikan yang berpusat di negara austria tersebut, memang kebanyakan pada punya tampilan yang sama antara satu dengan lainnya.
Untuk bertarung melawan para lawannya di indonesia, RC250 sudah dibekali oleh pihak KTM dengan berbagai keunggulan, seperti sektor pencahayaan yang sudah menggunakan lampu jenis LED. Kemudian sasis teralis berbahan baja yang dipakai untuk membangun motor fairing ini, lentur dan juga kuat.
Dan yang menarik, sasis tersebut mengadopsi dari sasis yang dipakai oleh motor balap KTM diajang Moto3. Dan pemakaian sasis ini tak hanya memberikan kestabilan saat berkaselerasi tapi juga mampu berkontribusi dalam pengurangan massa sehingga berat motor ini hanya 147 kg (paling ringan dibanding para pesaingnya).
Kemudian ada juga suspensi WP Inverted Fork / Upside Down berdiameter 43 mm di bagian depan & WP Monoshock dibagian belakang. Pemakaian suspensi depan upside down didepan menjadi kelebihan mengingat para lawannya seperti Ninja RR Mono, CBR250 masih setia menggunakan suspensi jenis Teleskopik.
Lanjut ke sektor dapur pacu, motor fairing ini menggendong mesin berkapasitas 248,8cc, 1 Silinder, 4 Katup, DOHC, bersistem pendinginan cairan (Liquid Cooled). Dengan sistem pengapian BOSCH EMS power maksimal yang dihasilkan engine tersebut adalah 23 KW (31,3 HP) / 9000 rpm dengan torsi maksimal sebesar 24 Nm / 7250 rpm.
Dengan transmisi 6 kecepatan yang dipadukan dengan kopling tipe Anti-Hopping Slipper Clutch Wet Multiplate, mampu membuat motor ini berlari hingga kecepatan maksimal (top speed) dikisaran angka sekitar 150 km/jam. Selain cepat, motor ini juga terbilang hemat dalam penggunaan bahan bakar mengingat mesinnya sudah mengaplikasikan teknologi BOSCH-Made Electronic Control Fuel Injection.
Kelebihan lainnya dari KTM RC250 adalah penggunaan velg 10 jari warna orange berukuran 3.00 x 17" di depan & 4.00 x 17" dibelakang. Dimana ban Pirelli lah yang dipilih untuk membungkus velg tersebut, dengan ukuran ban depan 110/70 ZR-17 (tubeless) dan ban belakang berukuran 150 / 60ZR-17(tubeless).
Lalu untuk sektor pengereman, motor sport ini mengaplikasikan cakram tunggal berdiameter 300 mm (BOSCH 9M ABS) di depan & cakram tunggal berdiameter 230 mm di belakang (BOSCH 9M ABS). Dengan ukuran cakram tersebut, menjadikan motor sport ini sebagai motor yang punya ukuran cakram terbesar dikelasnya.
Selain kelebihan, KTM RC250 ini juga punya kekurangan diantaranya adalah kapasitas bahan bakarnya yang hanya sanggup menampung 10 liter saja (yang lain lebih dari itu). Selain itu harga yang dibanderol juga dirasa terlalu mahal jika disandingkan dengan para lawannya.
Tepat pada tanggal 21 Agustus 2015 kemarin, motor ini diluncurkan bersamaaan dengan motor lainnya yakni Duke 250 saat acara pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2015.
RC250 bakal menjadi penantang baru diranah kelas 250cc melawan motor besutan pabrikan lainnya yang sudah terlebih dahulu mengaspal di indonesia yakni Ninja 250 RR Mono besutan kawasaki, serta CBR250R dari honda yang notabennya sama-sama 1 silinder.
Bagi kawan-kawan yang sudah pernah melihat penampakan dari KTM RC200 dan RC390 yang sudah terlebih dahulu masuk indonesia. Ya seperti itulah tampang dari motor berfairing baru KTM ini. RC250 memang mempunyai tampilan yang persis sama dengan kedua saudaranya tersebut.
Namun rasanya memang tak perlu kaget lagi, soalnya jika kita menelisik produk-produk dari pabrikan yang berpusat di negara austria tersebut, memang kebanyakan pada punya tampilan yang sama antara satu dengan lainnya.
Untuk bertarung melawan para lawannya di indonesia, RC250 sudah dibekali oleh pihak KTM dengan berbagai keunggulan, seperti sektor pencahayaan yang sudah menggunakan lampu jenis LED. Kemudian sasis teralis berbahan baja yang dipakai untuk membangun motor fairing ini, lentur dan juga kuat.
Dan yang menarik, sasis tersebut mengadopsi dari sasis yang dipakai oleh motor balap KTM diajang Moto3. Dan pemakaian sasis ini tak hanya memberikan kestabilan saat berkaselerasi tapi juga mampu berkontribusi dalam pengurangan massa sehingga berat motor ini hanya 147 kg (paling ringan dibanding para pesaingnya).
KTM RC250 Sumber : http://www.ktm-japan.co.jp/lineup/model/rc250#specification |
Kemudian ada juga suspensi WP Inverted Fork / Upside Down berdiameter 43 mm di bagian depan & WP Monoshock dibagian belakang. Pemakaian suspensi depan upside down didepan menjadi kelebihan mengingat para lawannya seperti Ninja RR Mono, CBR250 masih setia menggunakan suspensi jenis Teleskopik.
Lanjut ke sektor dapur pacu, motor fairing ini menggendong mesin berkapasitas 248,8cc, 1 Silinder, 4 Katup, DOHC, bersistem pendinginan cairan (Liquid Cooled). Dengan sistem pengapian BOSCH EMS power maksimal yang dihasilkan engine tersebut adalah 23 KW (31,3 HP) / 9000 rpm dengan torsi maksimal sebesar 24 Nm / 7250 rpm.
Dengan transmisi 6 kecepatan yang dipadukan dengan kopling tipe Anti-Hopping Slipper Clutch Wet Multiplate, mampu membuat motor ini berlari hingga kecepatan maksimal (top speed) dikisaran angka sekitar 150 km/jam. Selain cepat, motor ini juga terbilang hemat dalam penggunaan bahan bakar mengingat mesinnya sudah mengaplikasikan teknologi BOSCH-Made Electronic Control Fuel Injection.
KTM RC250 Sumber : http://www.ktm-japan.co.jp/lineup/model/rc250#specification |
Kelebihan lainnya dari KTM RC250 adalah penggunaan velg 10 jari warna orange berukuran 3.00 x 17" di depan & 4.00 x 17" dibelakang. Dimana ban Pirelli lah yang dipilih untuk membungkus velg tersebut, dengan ukuran ban depan 110/70 ZR-17 (tubeless) dan ban belakang berukuran 150 / 60ZR-17(tubeless).
Lalu untuk sektor pengereman, motor sport ini mengaplikasikan cakram tunggal berdiameter 300 mm (BOSCH 9M ABS) di depan & cakram tunggal berdiameter 230 mm di belakang (BOSCH 9M ABS). Dengan ukuran cakram tersebut, menjadikan motor sport ini sebagai motor yang punya ukuran cakram terbesar dikelasnya.
Selain kelebihan, KTM RC250 ini juga punya kekurangan diantaranya adalah kapasitas bahan bakarnya yang hanya sanggup menampung 10 liter saja (yang lain lebih dari itu). Selain itu harga yang dibanderol juga dirasa terlalu mahal jika disandingkan dengan para lawannya.
Spesifikasi KTM RC250:
- DIMENSI
- Panjang keseluruhan yakni 1995 mm.
- Lebarnya : 705 mm.
- Tinggi mencapai 1099 mm.
- Kapasitas tangki bahan bakar penuh (full) adalah 10 liter.
- Berat kosong motor (tanpa bahan bakar penuh) adalah 147 kg.
- Tinggi jok atau tempat duduk adalah 820 mm.
- Jarak terendah ke tanah adalah 178,5 mm.
- Jarak sumbu antar kedua roda : 1340 mm +/- 15 mm.
- Sudut kemudi : 66,5 derajat.
- Berkapasitas 248,8cc, 1 Silinder, 4 Katup, DOHC, Transmisi 6 kecepatan bersistem pendinginan cairan
- Ukuran bore x stroke : 72 mm x 61,1 mm.
- Perbandingan komprehensi rasionya adalah 12,5 :1.
- Sistem suplay bahan bakar yang dipakai BOSCH-Made Electronic Control Fuel Injection.
- Sistem pengapian BOSCH Made EMS.
- Power maksimal yang dihasilkan adalah 23 KW (31,3 HP) / 9000 rpm dengan torsi maksimal sebesar 24 Nm / 7250 rpm.
- Primary Reduction Ratio / Secondary Reduction Ratio : 30:80 / 14 : 46.
- Kopling : Anti-hopping Slipper Clutch Wet Multiplate.
- Jenis rangka yang digunakan untuk membangun tipe Trellis Frame (powder-coated).
- Sub frame : Baja.
- Setang kemudi memakai tipe Steel Clip-on Handle.
- Suspensi depan menggunakan tipe WP Inverted Fork berdiameter 43 mm, sedangkan bagian belakang memakai suspensi WP Monoshock.
- Suspension stroke bagian depan 125 mm, sedangkan belakang 150 mm.
- Rem bagian depan menggunakan Cakram tunggal berdiameter 300 mm (BOSCH 9M ABS) & rem belakang menggunakan cakram tunggal berdiameter 230 mm (BOSCH 9M ABS).
- Roda depan berukuran 3.00 x 17" & belakang 4.00 x 17".
- Menggunakan ban Pirelli dengan ukuran ban depan 110/70 ZR-17 (tubeless), sedangkan belakang berukuran 150 / 60ZR-17(tubeless).
- Peredam di knalpot memakai bahan baja stainless.
Harga KTM RC250 - Bulan Maret 2016:
- Harga baru Rp 74.500.000
0 Response to "Harga KTM RC250 Bulan Maret 2016"
Post a Comment
semua tulisan dan postingan yang ada di blog ini bukan tanggung jawab admin,